Halaman

Rabu, 02 November 2011

Aduh.. Bibir Kering dan Pecah-pecah !

Bibir kering dan pecah-pecah memang suka bikin kita nggak nyaman, karena selain rasanya sakit bibir kita juga jadi mudah terluka, ouch.. Selain itu bibir kita yang kering dan pecah2 juga ngrusak keindahan bibir kita yang seksi kan? :D
Apalagi kalo lagi makan makanan favorit kita yang lagi anget, pasti bibir kita rasanya perih banget, kalo uda gitu pasti jengkel kan?

Sebenernya bibir yang kering dan pecah2 ini bisa disebabkan oleh karena kita tinggalnya di kota yang cuacanya dingin, atau pula disebabkan karena kita banyak menghabiskan waktu di ruangan yang ber-AC. Kenapa? karena dibandingkan semua kulit di area tubuh kita, bibir kita tuh mempunyai lapisan permukaan yang paling tipis! itulah sebabnya kenapa bibir kita tuh yang paling rawan mengalami kekeringan dan pecah-pecah.

Nah, gimana kita nyegah dan ngatasin bibir kita yang kering dan pecah2?

Salah satunya kita harus sering minum air putih yang banyak. Karena selain menjaga tubuh dari kekeringan dehidrasi, air putih juga dapat mencegah bibir kering dan pecah-pecah. Dan juga penuhi kebutuhan tubuh dengan air putih minimal 2 sampai 4 liter per hari. Karena bibir kita yang kering itu menandakan kalau kita tuh kurang cairan dalam tubuh.

Selain itu, menjilati bibir sendiri juga harus di hindari loh.. Malahan justru banyak sekali orang yang mengira melakukan hal tersebut dapat menyembuhkan bibir mereka yang kering. Kenapa harus di hindari? ini penjelasannya. Air liur kita itu sebenernya mengandung asam yang dapat membantu memecah makanan yang kita makan, dan asam tersebut juga dapat membuat bibir kita iritasi saat mengenainya. Kalau anda sudah terbiasa dengan kebiasaan ini, anda dapat mensiasati dengan menggunakan lipbalm rasa buah pahit agar tak tergoda.

Selain itu Lip balm ini ternyata juga dapat membantu mencegah keringnya bibir. Dan pelembab untuk bibir yang terbaik itu adalah pelembab yang mengandung shea butter, beeswax, dan SPF khususnya untuk anda yang sedang tinggal di tempat tropis. Hal tersebut akan melindungi bibir anda dari sinar matahari. Meskipun begitu kita juga harus hati2 dalam memilih pelembap bibir. Karena ternyata beberapa pelembab tersebut malah bisa menyebabkan efek negatif daripada efek positif loh! itu disebabkan oleh pelembab yang memiliki komponen yang bisa menimbulkan iritasi pada kulit, termasuk kapur barus, kayu putih, dan mentol.

Dan perlu di ingat juga, sebelum anda tidur, ambil lah handuk kecil, dan basahi handuk dengan air hangat. Setelah itu gosokan handuk hangat tersebut pelan2 pada bibir anda, guna untuk melepaskan kulit2 mati yang menyebabkan bibir pecah-pecah. Dan jangan lupa oleskan pelembab sebelum anda tidur. Hal tersebut guna mencegah kekeringan pada bibir karena mulut yang sering terbuka pada saat anda tidur.

Bibir yang indah dan menarik juga akan mempengaruhi kecantikan/kegantengan wajah anda. Maka dari itu kesehatan bibir anda juga perlu dijaga. Semoga tips yang saya berikan dapat bermanfaat bagi anda :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar