Halaman

Senin, 07 November 2011

7 Kesalahan Yang Harus Anda Hindari dan Sering Terjadi Saat Fitness

Berlatih beban adalah satu-satunya cara untuk menambah massa otot Anda bila dilakukan sesuai dengan aturan yang benar. Tetapi, saat ini kebanyakan orang sangat sering melakukan banyak kesalahan2 dalam berlatih, oleh karena itu banyak dari mereka yang tidak mendapatkan bentuk tubuh yang maksimal dan memuaskan.


Dibawah ini adalah beberapa kesalahan2 yang sering dilakukan oleh banyak orang saat sedang berlatih

  • Melewatkan Latihan Dasar
    Mungkin beberapa dari Anda banyak yang berpikiran bahwa berlatih leg extention dan chest flies merupakan satu2 nya cara untuk membuat massa otot anda bertambah. Namun sebenarnya latihan2 dasar seperti squat dan benchpress juga sangatlah baik untuk menambah power dan massa otot Anda, dan sayangnya beberapa orang sering melewatkan latihan penting ini. Anda boleh saja melakukan berbagai variasi latihan, namun tetap usahakan latihan dasar ini jangan pernah anda lewatkan.
  • Latihan Yang Terlalu Sering
    Latihan yang dilakukan terlalu sering akan memperlambat perkembangan massa otot Anda. Kenapa? Karena sebenarnya otot juga mempunyai waktu2 untuk istirahat, dan memakan waktu sekitar 2 hari guna memulihkan dan menambah massa otot. Berlatih terlalu sering juga dapat menimbulkan bagian2 tubuh Anda mengalami cedera, dan bila cedera pemulihan otot pun akan semakin lama daripada biasanya.
  • Merokok Dan Minum Alkohol Berlebihan
    Hal ini juga merupakan faktor utama perusak kesehatan tubuh Anda. Karena banyak sekali zat2 beracun yang terkandung pada rokok dan alkohol, dan ini akan sangat memperlambat perkembangan massa otot. Karena, jika Anda merokok itu berarti Anda sudah memasukan racun karbon monoksida dan zat ini sangat menghambat pertumbuhan otot, dikarenakan otot anda kurang mendapat oksigen yang cukup untuk energi, sehingga kemampuan pertumbuhan otot pun menjadi sangat lambat.
  • Berlatih Dalam Kondisi Lapar
    Saat anda berlatih tubuh anda sangat membutuhkan energi yang banyak, maka dari itu jangan pernah anda berlatih dalam keadaan perut kosong. Karena jika anda berlatih tanpa makan terlebih dahulu, kalori yang dibutuhkan untuk energi pun tidak ada.
  • Kurang Tidur
    Ini adalah tahap penting dari pembentukan massa otot, karena dalam keadaan tidur otot anda akan mengalami pemulihan dan penambahan massa otot. Maka dari itu, jika Anda kurang tidur otot yang anda latih pun akan rusak dengan sia-sia dan tidak bertambah massa ototnya.
  • Haus Saat Berlatih
    Sebagian besar kandungan dari otot Anda adalah air. Jika Anda merasa haus saat sedang latihan, segera minumlah air. Karena haus adalah satu-satunya tanda kalau tubuh Anda mengalami keadaan dehidrasi dan membutuhkan cairan. Sebaiknya sehari Anda minimal minum 8 gelas air agar tubuh anda terhindar dari dehidrasi dan maksimal saat latihan.

Kesalahan2 dalam berlatih adalah hal yang wajar terjadi bagi pemula. Bila anda sudah tau dan menghindarinya, itu menandakan Anda sudah selangkah lebih dekat menuju hasil latihan yang memuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar