Halaman

Senin, 07 November 2011

Anda Sering Mengantuk Saat dan Setelah Latihan? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Ngantuk saat Anda latihan bisa terjadi sewaktu-waktu. Olahraga dan fitness seharusnya akan membuat badan Anda menjadi lebih segar dan dapat meningkatkan energi Anda. Tetapi bagi beberapa orang, ternyata rasa kantuk pun bisa menyerang saat Anda sedang berlatih. Kira2 apa yang menyebabkan rasa kantuk Anda dan bagaimana solusi untuk mengatasinya?

Karena Berlatih Dengan Perut Kosong
Ini adalah salah satu Penyebab paling utama, dan saat Anda berlatih beban di dalam perut dalam keadaan kosong, sehingga itu akan menyebabkan glikogen Anda terkuras habis lebih cepat. Saat anda sedang melakukan latihan dengan intensitas yang tinggi, tubuh anda akan menggunakan glikogen dan karbohidrat yang cukup banyak. Maka dari itu jika anda makan sebelum latihan, umumnya anda tidak akan mengalami rasa kantuk.

Solusinya adalah, sebelum anda melakukan latihan setidaknya Anda harus makan 2 jam sebelumnya. Dan juga sebelum latihan sebaiknya cukupi kebutuhan nutrisi tubuh dengan makanan yang mengandung protein tinggi seperti contohnya selai kacang. Makanan tersebut dapat memberikan energi saat Anda berlatih dan ini juga dapat menghindari rasa kantuk stelah latihan.

Overtraining Saat Latihan
Ini juga salah satu alasan mengapa anda selalu mengalami kantuk. Tidak hanya menimbulkan cedera pada otot, overtraining juga dapat menimbulkan rasa kantuk setelah melakukan latihan. Jika Anda terlalu memaksakan latihan dan mengalami overtraining, tubuh Anda pun tidak mempunyai cukup waktu untuk melakukan pemulihan.
Rasa kantuk juga dapat dicegah dengan cara mencukupi kebutuhan2 nutrisi untuk tubuh Anda stelah melakukan latihan intensif. Kunci untuk memiliki tubuh sehat dan ideal adalah memberikan kecukupan nutrisi untuk tubuh anda, dan tidak lupa istirahat yang cukup, ini semua akan mencegah rasa kantuk saat berlatih. Selamat berlatih!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar