Halaman

Minggu, 30 Oktober 2011

ATM Semua Bank Akan Tersambung, pada Tahun 2012

Berita ini telah diungkapkan oleh Ronald Waas sendiri yang berjabatan Direktur Sistem Pembayaran Bank Indonesia. Beliau mengatakan Bank Indonesia dan penyedia jasa jaringan sedang berusaha membuat sistem interkoneksi untuk semua ATM yang berada di Indonesia. Kira-kira, "Interoperabiltas 2012," ungkap beliau saat ditanyai Ahad, Tempo.

Di Indonesia ada 3 penyedia jaringan ATM yang beroperasi, yaitu jaringan Prima, Jaringan Alto, dan Jaringan ATM Bersama. Ketiga jasa jaringan tersebut masih belum terhubung satu sama lain, karena itu bank harus menjadi anggota lebih dari satu jaringan agar dapat terhubung dengan semua bank di Indonesia.

Harapan BI, setelah dilaksanakan sistem 1x switching, transaksi antar bank dapat mengalami peningkatan. "Harapan kami sama saat interkoneksi antar provider dibuka, jumlah sms pun ikut meningkat," ungkapnya. Sistem seperti ini sebenarnya juga menguntungkan pihak bank, karena mereka hanya perlu membayar biaya untuk 1x switching saja agar bisa terhubung dengan semua bank Indonesia, kata Ronald.

Walaupun begitu, sampai saat ini teknis pengelolaan tersebut masih belum diputuskan. Dan juga kemungkinan soal keputusan 3 perusahaan tersebut untuk bergabung masih belum diketahui. "Itu tergantung mereka," kata Ronald.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar